Air Terjun Silelangit: Indah dan Bikin Betah

Air Terjun Silelangit: Indah dan Bikin Betah

Air Terjun Silelangit: Indah dan Bikin Betah

KOTA Subulussalam berada paling ujung pesisir barat selatan (Barsela) wilayah Provinsi Aceh. Daerah ini juga berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Kota Subulussalam memiliki bentang alam hutan yang luas. Di dalamnya, terdapat kawasan hutan lindung, hutan produksi, hutan suaka margasatwa, dan taman hutan raya (Tahura).

Oleh karena itu, tak heran jika daerah berjuluk “Bumi Syekh Hamzah Fansuri” ini menyimpan sejuta potensi sumber daya alam yang kaya akan keanekaragaman hayati dan objek wisata alamnya.

Bahkan belakangan, daerah ini mendapat julukan sebagai “Kota 1001 Air Terjun” dari penjelajah yang berkeliling mengitari Subulussalam.

Kota Subulussalam terdiri dari lima kecamatan. Tiga di antaranya terdapat pesona air terjun yang tersebar di sejumlah titik lokasi. Bahkan, ada satu lokasi terdapat air terjun yang berdampingan dalam radius 100 meter.

Salah satu objek wisata yang mulai ramai dikunjungi yaitu Air Terjun Silelangit (Silangit-langit). Destinasi ini berada di Desa Singgersing, Kecamatan Sultan Daulat.

Air Terjun Silelangit memiliki panorama alam nan asri. Dia bertingkat. Setiap wisatawan yang ke sana, pasti terpana.

Pepohonan yang menjulang ke langit, dahan-dahan yang rindang, daun-daun yang rimbun tampak menaungi, semakin melengkapi suasana keasrian Silelangit.

Jika ingin ke sana, Kamu harus menempuh perjalanan darat dari pusat kota Subulussalam dengan jarak tempuh sekitar 23 kilometer.

Kurang lebih perjalanan Kamu akan memakan waktu sekitar 25 hingga 30 menit melalui transportasi darat.

Sebelum ke tempat tujuan, Kamu bakal mengarungi Sungai Lae Raso menggunakan perahu. Sungai ini merupakan akses satu-satunya untuk mencapai Air Terjun Silelangit.

Namun, Kamu tak perlu khawatir. Sebab, Kamu nantinya akan dipandu oleh Robin, nakhoda.

Kapasitas kapal motor milik Robin bermuatan lima sampai enam orang. Tarifnya Rp 300 ribu. Selama seharian, Robin akan menemani Kamu menikmati pesona Air terjun Silelangit.

Oh ya, saat di atas perahu, siap-siap ya, Kamu bakal disuguhkan pemandangan yang indah dari alam sekitar. Waktu yang Kamu tempuh dengan tranportasi sungai ini berkisar satu jam.

Bila Kamu hobi berkemah, kawasan Air Terjun Silelangit ini sangat cocok menemanimu. Lokasi air terjun sangat aman untuk Kamu menghabiskan malam. []

Selamat berlibur ya, jangan lupa menerapkan protokol kesehatan…