Pasar Takjil Populer di Banda Aceh, Murah dan Enak

Pasar Takjil Populer di Banda Aceh, Murah dan Enak

Pasar Takjil Populer di Banda Aceh, Murah dan Enak
Pasar Takjil Populer di Banda Aceh, Murah dan Enak
Pasar Takjil Populer di Banda Aceh, Murah dan Enak

WAKTU berbuka puasa di bulan Ramadhan menjadi hal yang paling dinanti. Apalagi, tubuh memang butuh energi setelah berpuasa hampir 14 jam. Selama puasa, ngabuburit menjadi kegiatan paling ditunggu-tunggu.

Sambil menunggu berbuka, umumnya masyarakat berburu aneka takjil murah dan enak. Kegiatan ini pun menjadi suatu kesenangan tersendiri.

Tak heran, pada bulan yang penuh berkah ini banyak pedagang musiman menjajakan makanan, mulai dari makanan ringan hingga kuliner berat. Mereka hadir di setiap tepi jalan yang ramai dilewati.

Nah, jika hari ini Kamu berniat untuk berburu menu berbuka puasa di kawasan Kota Banda Aceh, Acehtourism.travel merekomendasi Kamu ke pasar takjil populer berikut ini:

1. Lampineung

Sepanjang Jalan Panglima Nyak Makam, Lampineung, Kamu akan disuguhkan ratusan pedagang yang memanjakan para pemburu takjil.

Semua jenis makanan bisa dengan mudah Kamu temui di lokasi ini, mulai dari aneka minuman, makanan dan camilan gorengan.

2. Kopelma Darussalam

Salah satu sentra takjil di Kecamatan Syiah Kuala ialah di Jalan Lingkar Kampus. Biasanya para pedagang menempati lapak jualannya di trotoar.

Di sini para pengunjung dapat membeli berbagai macam penganan ringan sampai makanan berat, seperti kolak, bubur kanji rumbi, gorengan, nasi dan makanan lainnya. Apalagi, rata-rata pedagang di sana ialah mahasiswa, yang ingin meraup rezeki di bulan penuh berkah ini.

3. Punge Blang Cut-Ulee Lheue

Penjual takjil juga terdapat di Simpang Punge Blang Cut hingga Ulee Lheue. Kamu bisa berburu takjil di lapak yang berjejer rapi di sepanjang jalan.

Bagi Kamu yang ingin melanjutkan dengan ‘makanan berat’ para pengunjung bisa mendapatkan sejumlah makanan seperti nasi goreng, bakso, sate di lokasi ini. Makanan ringan pun juga cukup banyak pilihan.

4. Kampung Baru

Bagi masyarakat Banda Aceh, siapa yang tidak mengenal kawasan ini. Selama Ramadhan, tempat ini, tepatnya di Jalan Tgk Pulo Dibaroh, Kampung Baru atau depan Rujak Aceh Garuda, menjadi salah satu lokasi takjil terpadat.

Selain lokasinya berdekatan dengan Pasar Aceh, hampir seluruh menu takjil khas Aceh ada di sini. Alhasil, menjadikan lokasi ini ramai dikunjungi warga.

Di sini, Kamu juga bisa menemukan makanan tradisional Aceh, seperti sambai oen peugaga, bubur kanji rumbi, urap, rujak, lemang, dan beragam kuliner lainnya.

5. Simpang 7 Ulee Kareng

Kawasan Simpang 7 Ulee Kareng juga kerap menjadi lokasi berburu para pencari takjil tiap Ramadhan. Selain banyak yang menjajakan minuman pemuas dahaga, di lokasi ini juga banyak pedagang takjil makanan ringan hingga berat.

6. Taman Makam Pahlawan

Di Jalan Taman Makam Pahlawan, Peuniti, juga banyak berjejer para pedagang takjil. Tempat ini, juga menjadi lokasi tujuan para pemburu takjil.

Banyak pedagang yang menjual berbagai makanan di sini. Misalnya, aneka gorengan, kolak, lemang, mi dan minuman pemuas dahaga seperti air tebu, kelapa, cendol, dan banyak lainnya. Para penjaja takjil di lokasi ini sebahagian merupakan pedagang musiman.

7. Taman Budaya

Nah, yang terakhir berada di Taman Budaya, Setui, Kota Banda Aceh. Kamu bisa berburu takjil di sana pada tanggal 13-19 April 2022 di tengah event Aceh Ramadhan Festival (Ramfest) 2022.

Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh akan menggelar Aceh Ramfest di sana selama sepekan.

Kerennya, event pariwisata Aceh ini masuk dalam salah satu program Kharisma Event Nusantara (KEN) via Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Event tahunan ini menawarkan beragam menu berbuka puasa dengan variasi menu tradisional hingga tren kuliner kekinian. Selain takjil, juga ada sajian makanan utama dan kopi, serta hidangan kanji rumbi yang telah disiapkan untuk para pengunjung.

Dalam kegiatan ini juga ada Bazar Pasar Takjil, Khanduri Ramadhan, Ngabuburide Sepeda Santai, Art Performance, Festival Peh Tem (membangunkan sahur), Balee Beut; Kajian Alquran, hingga musabakah anak saleh akan disajikan dalam event ini. Berangkat Guys!