Pesona Simeulue

Pesona Simeulue

Pesona Simeulue

DENGAN pemandangan alam yang begitu indah, pulau ini merupakan permata tersembunyi di bagian barat Indonesia. Anda hanya perlu terbang ke Bandara Internasional Kualanamu, Sumatera Utara, sebelum melanjutkan penerbangan 60 menit lagi ke Bandara Lasikin di Sinabang, Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh.

Namun, jangan biarkan perjalanan menjauhkan Anda dari petualangan seru di destinasi yang menakjubkan tersebut. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan saat menjelajahi pulau eksotis ini.

 

Coba Hidangan Lokal

Memek, camilan khas Pulau Simeulue, Aceh. (Foto: Kanal Aceh)

Pencinta kudapan, jangan lewatkan kesempatan untuk melahap hidangan lokal pulau ini yang terbuat dari beras ketan, dicampur dengan pisang dan santan. Bau dan rasanya unik. Namanya, memek.

Hidangan tradisional ini biasanya disajikan dalam mangkuk kecil oleh penduduk setempat. Menikmatinya untuk sarapan akan memberi Anda energi untuk memulai petualangan Anda di pulau indah, Simeulue.

 

Menginap di Resor Pantai

Sejumlah tempat penginapan di Simeulue Surf Lodges. (Foto: Tripadvisor)

Tidak ada yang membuat Anda merasa lebih santai daripada menginap di resor lokal untuk menikmati pemandangan alam yang indah, pantai berpasir putih sambil menghirup ketenangan Samudra Hindia.

Beberapa resor dapat dengan mudah ditemukan di sekitar pulau. Beberapa dari mereka mengkhususkan diri dalam memberikan layanan tambahan, seperti wisata selancar dan snorkeling. Nikmati bangun dengan matahari terbit yang fantastis dan tertidur dengan angin laut, menye- lipkan Anda ke tempat tidur.

Simeulue memiliki banyak pantai dan resor tersedia dari pondok pantai dasar, hingga ruang rekreasi yang mewah. Destinasi yang terkanal Pantai Matanurung. Di sana tersedia beberapa akomodasi/resor, seperti Salt Surf Resort, Simeulue Surf Lodge dan Ranu Surf Camp.

Atau bisa juga menuju pantai unik lainnya yang bernama Batu Rundung dan Nancala. Lalu pilih menginap di Batu Rundung Surf Resort atau Mahi-Mahi Surf Resort.

 

Berselancar


Peselancar internasional menjajal ombak di Pulau Simeulue. (Foto: WSL/ Rahmat Rong)

Meski tidak sepopuler Kepulauan Mentawai, Pulau Simeulue adalah jawaban Anda jika mencari tempat selancar yang tenang dan ombak yang besar.

Beberapa tempat selancar terpencil yang bagus dapat ditemukan di seluruh pulau, termasuk The Peak, Dylan’s right, Tea Bags, One Thongs, Monkey Trees & Thailands, yang menawarkan ombak sempurna untuk dikendarai dan dinding panjang yang menyenangkan.

Sedikit tip untuk Anda, khususnya bagi para pese- lancar wanita. Pulau Simeulue bagian dari Provinsi Aceh, sehingga Anda dianjurkan untuk berpakaian sopan jika keluar resor.

 

Minum Kopi dengan Penduduk Lokal

Kopi Aceh. (Foto: Freepik)

Provinsi Aceh, termasuk Simeulue, terkenal dengan kopi arabika dan robusta lokalnya. Proses penggilingannya yang unik menghasilkan kopi yang kuat dengan rasa yang bersih.

Seperti kebanyakan orang Indonesia, masyarakat lokal di Pulau Simeulue meminum kopi tidak hanya sebagai hobi, atau kebutuhan untuk meningkatkan energi dengan kafein, tetapi juga sebagai cara untuk memulai percakapan. Kopi dan percakapan/interaksi telah menjadi bagian penting dari kehidupan mereka.

Jika Anda ingin menikmati kehangatan dan kopi lokal yang enak, jangan lupa untuk mengunjungi warkop dan mungkin Anda juga bisa melihat keahlian mereka meracik kopi.

 

Perjalanan ke Pulau Lain

Penampakan Pulau Siumat, Kabupaten Simeulue. (Foto: Wisata Aceh)

Simeulue yang indah juga diberkahi dengan bebera- pa destinasi di sekitar pulau utama. Anda bisa menyewa perahu dan mengunjungi pulau-pulau ini.

Spot paling populer yang mungkin ingin Anda lihat adalah Pulau Siumat.

Dibutuhkan sekitar 1,5 jam dari pulau utama dengan perahu untuk ke sana.

Pulau ini memiliki air yang jernih dan pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Ini adalah tempat yang sempurna untuk snorkeling atau menyelam melihat ikan dan terumbu karang yang indah.

Pulau lain yang juga bisa Anda kunjungi disebut Mincau. Pulau ini diberkati dengan pasir putih dan warna biru laut yang luar biasa.

 

Belanja Lobster

Lobster kualitas ekspor asal Aceh. (Antara Foto)

Simeulue adalah surga bagi pecinta makanan laut, karena pulau ini kaya dengan ikan segar yang siap dima- sak oleh koki lokal. Tapi, yang paling populer dari pulau ini adalah lobsternya yang berkualitas tinggi.

Simeulue tidak hanya mengirimkan lobsternya ke Medan dan Jakarta, tetapi juga mengekspornya ke Sin- gapura dan Malaysia. Anda bahkan dapat menemukan monumen lobster yang menghadap ke tepi laut di sini!.

Saat mengunjungi pulau, mencoba masakan lokal yang disebut “Mi Lobster” suatu keharusan bagi Anda. Minya dimasak dengan rempah-rempah dan resep lokal, memberi Anda aroma dan rasa aromatik yang kaya, sementara lobster pedas nan lezat akan disajikan di atas mi untuk Anda santap.

Ini akan menjadi pengalaman menjilat jari yang menyenangkan untuk Anda. Menu lobster segar dan mi pedas dapat dengan mudah ditemukan di restoran mana pun di pulau ini.

 

Kuliner Enak

Mi Aceh seefood. (Foto: Acehtourism.travel)

Sebagian besar masyarakat lokal di Simeulue berprofesi sebagai nelayan, sehingga hasil laut segar setiap hari selalu tersedia, dibawa langsung dari Samudera Hindia untuk Anda.

Selain lobster yang terkenal, pulau ini juga kaya dengan berbagai jenis ikan, seperti tuna. Anda juga dapat menemukan gurita di restoran tertentu, dimasak dengan cabai hijau.

Kelapa segar juga merupakan minuman favorit yang dapat Anda temukan dengan mudah di seluruh pulau. Selain seafood yang segar, ada juga rendang berbahan dasar daging kerbau yang sangat cocok disantap dengan sepiring nasi hangat.

 

Kemas Beberapa Suvenir

Oleh-oleh khas Simeuleu, keripik ubi lado (kiri) dan kerupuk teripang (kanan). (Foto: Acehtourism.travel)

Jika Anda mencari sesuatu yang istimewa untuk orang yang Anda cintai, ada beberapa suvenir yang dibuat khusus oleh penduduk setempat.

Barang-barang kerajinan tangan dengan bentuk dan warna khas dijahit bersama untuk berbagai aksesori rumah, seperti tatakan gelas, tutup kaca, dan penutup kotak tisu. Karya-karya indah ini bisa Anda temukan di Desa Linggi, Simeulue Timur.

Jika Anda suka camilan, Anda juga bisa mencoba kerupuk teripang! Minyak teripang juga diproduksi untuk memberikan beberapa pengobatan yang bermanfaat. Selain tersedia di industri rumahan, produk ini juga tersedia di swalayan lokal dan di Bandara Lasikin Sinabang, Simeulue.

 

Pantai Tak Berujung

Pantai Pasir Tinggi, Kabupaten Simeulue, Aceh. (Foto: Shafwandi/Tripadvisor)

Berbicara tentang Simeulue, menyebut pantai-pantainya yang indah memang tidak bisa dihindari. Semuanya merupakan pantai berpasir putih dengan air yang jernih sebening kristal.

Karena belum banyak orang yang mengunjunginya, sebagian besar pantainya masih alami. Anda bisa pergi ke Pantai Pasir Tinggi untuk pemandangan yang menenang- kan. Pantai Alus-alus jika Anda ingin berselancar, atau sekadar bersantai di pantai mana pun yang Anda temukan di sepanjang pulau.

Jadi, kemasi tas Anda dan temukan lebih banyak sudut menarik di pulau yang indah ini, segera!. []