Asiknya Snorkeling di Taman Laut Pulau Rubiah

Taman Laut Pulau Rubiah merupakan taman laut di Sabang yang terdapat beraneka ragam ikan langka dan banyak spesies terumbu karang.

Asiknya Snorkeling di Taman Laut Pulau Rubiah

Taman Laut Pulau Rubiah atau juga dikenal sebagai Rubiah Sea Garden dalam Bahasa inggris merupakan kawasan konservasi laut yang luas berada di Pulau Sabang, Aceh. Taman ini memiliki luas konservasi 2.600 ha ditumbuhi berbagai terumbu karang dan kehidupan laut yang langka.

Taman laut ini telah menjadi  tujuan menyelam kelas dunia untuk rekreasi penyelam scuba dan snorkeling yang tertarik dengan kesempatan menyelam di perairan sebening kristal dan melihat berbagai spesies kehidupan laut termasuk ikan tropis dan formasi karang yang spektakuler.

Biota laut di kawasan ini meliputi ikan hias, ikan karang, dan beberapa belut laut, karang dan lain sebagainya. Kunjungan ke taman ini bisa anda lakukan dengan menyewa boat kaca di Pantai Iboih. Taman laut Rubiah ini menjadi salah satu tempat paling populer di Sabang selain Tugu Kilometer Nol Indonesia. Ini menjadi alasan mengapa anda harus mengunjungi Sabang.

Salah satu hal yang umumnya wisatawan lakukan di taman laut ini adalah snorkeling. Peralatan snorkeling bisa disewa di sini seharga 50rb IDR dan karangnya sangat bagus jika Anda menyelam di beberapa spot tertentu dan sedikit lebih dalam, tapi hati-hati karena arus laut di taman laut ini kadang kadang tidak pasti. Umumnya ada banyak perahu kaca yang bisa anda sewa di dermaga untuk menyebrang ke pulau rubiah terlebih dahulu.

Pengunjung dapat mencapai ke taman laut ini dengan boat sekitar 10 menit dari dermaga tepin layeu. Di sabang sendiri memiliki lebih dari pada 20 titik penyelaman dengan kedalaman bervariasi hingga 70 meter. Dari 20 titik penyelaman tersebut, beberapa titik di antaranya yang berada di taman laut rubiah. titik penyelaman tersebut adalah yang paling sering dikunjungi oleh para penyelam atau wisatawan yang bersnorkeling yang ingin menikmati keindahan pemandangan bawah laut.

Taman Laut Pulau Rubiah ini merupakan salah satu taman laut yang ekosistem perairan tropis Indonesia yang terdiri dari ekosistem bawah laut seperti terumbu karang dan ikan, dan ekosistem daratan/pesisir. Semua orang tahu destinasi wisata bahari di Sabang, pasti akan menjadi referensi utama. Padahal, banyak destinasi wisata bahari tersebar di Aceh yang tak kalah indahnya.