bantuan apa saja yang masih berlanjut hingga 2021?

bantuan apa saja yang masih berlanjut hingga 2021?

bantuan apa saja yang masih berlanjut hingga 2021?

1. Kartu Prakerja 

Wakil Presiden Ma'ruf Amin memastikan bahwa program kartu prakerja akan dilanjutkan pada tahun 2021. Terkait kelanjutan program kartu prakerja, Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengatakan, Kartu Prakerja gelombang 12 akan dibuka pada 2021. "Gelombang 12 akan menjadi gelombang pertama Kartu Prakerja di tahun 2021, Disampaikan juga bahwa total anggaran program Kartu Prakerja tahun 2021 sebesar Rp 10 triliun. Meskipun dipastikan akan dilanjtukan, hingga saat ini Louisa belum bisa memastikan kapan pendaftaran mulai dibuka. Hal itu karena pihaknya selaku manajemen pelaksana masih menunggu keputusan dari Komite Cipta Kerja. anda 
dapat mengecek setiap hari di website

2. Subsidi listrik

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang juga merupakan Ketua Komite Penanganan Covid dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Erick Thohir memastikan subsidi listrik PLN diperpanjang. "Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang waktu pemberian bantuan keringanan biaya listrik PLN berupa diskon 100 persen atau gratis untuk pelanggan rumah tangga daya 450 VA serta diskon 50 persen untuk pelanggan rumah tangga daya 900 VA selama tiga bulan ke depan, sampai bulan Maret 2021," kata Erick dalam siaran pers, Sabtu (2/1/2021). Menurut Erick, subsidi biaya listrik tetap akan berlaku sesuai dengan sistem yang sudah berjalan sebelumnya. Dikutip Kompas.com, 1 Januari 2021, berikut kategori pelanggan yang mendapatkan stimulus listrik ini: Diskon 100 persen untuk pelanggan listrik kategori 450 VA Diskon 50 persen untuk pelanggan kategori daya 900 VA bersubsidi yang sudah terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraaan Sosial (DTKS) di Kementerian Sosial Pelanggan bisnis dan industri daya 450 VA yang akan diberikan diskon 100 persen tagihan listrik. Ada penambahan dalam tata cara klaim atau cara mendapatkan subsidi listrik ini. Sebelumnya, klaim dapat dilakukan melalui website resmi PT PLN (www.pln.co.id) dan melalui WhatsApp (08122-123-123). Kali ini, bisa pula melalui aplikasi PLN Mobile.

3. BLT UMKM

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) akan melanjutkan program bantuan langsung tunai (BLT) bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di tahun 2021. Dikutip dari Kompas.com, 28 Desember 2020, besaran BLT UMKM yang diusulkan Kemenkop UKM pada 2021 adalah Rp 2,4 juta. BLT UMKM diberikan pemerintah sebagai salah satu upaya meringankan dampak ekonomi akibat wabah virus corona bagi para pelaku usaha kecil. Deputi Bidang Pembiayaan Kemenkop UKM Hanung Harimba Rachman mengatakan target penerima bantuan masih sama dengan tahun lalu, yakni 12 juta pelaku UMKM. Syarat pendaftaran BLT UMKM, Kementerian Koperasi dan UMKM hanya bisa dilakukan secara luring atau offline

Selain itu, karena tidak semua pelaku UMKM bisa mendapat bantuan, ada beberapa syarat yang juga perlu diperhatikan, yaitu: WNI Mempunyai Nomor Induk kependudukan (NIK) yang dibuktikan dengan surat usulan dari pengusul Tidak sedang menerima kredit modal dan investasi dari perbankan Bukan berasal dari anggota aparatur sipili negara (ASN), TNI/Polri, dan pegawai BUMN/BUMD. Selanjutnya pelaku UMKM dapat mengajukan diri ke Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (Kadiskop UKM) kabupaten atau kota masing-masing.

cek apakah kamu termasuk penerima BLT UMKM lewat eform.bri.co.id/bpum.

4. Program Keluarga Harapan (PKH)

Melansir laman Kemsos, Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH. Kementerian Sosial akan menyalurkan 3 jenis bantuan sosial (bansos) mulai Senin (4/1/2020) salah satunya PKH. Penyaluran bansos 2021 akan dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo. Total penerima PKH adalah 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Adapun proses penyaluran PKH akan dilakukan oleh Himbara melalui rekening. Untuk PKH, akan menyasar sejumlah kelompok seperti keluarga yang di dalamnya terdapat ibu hamil, anak usia dini, anak sekolah, penyandang disabilitas, hingga lanjut usia. Bantuan ini diberikan dalam empat tahap selama satu tahun, yakni Januari, April, Juli dan Oktober.

untuk info lebih lanjut cek di website

5. Bantuan Kuota Data Internet 2021

Menindaklajuti Kebijakan Bantuan Kuota Data Internet tahun 2021 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, terdapat beberapa hal yang perlu diketahui mahasiswa UT, sebagai berikut.

Bantuan kuota data internet adalah bantuan yang diberikan Kemendikbud berupa kuota data internet seluler dengan tujuan untuk menunjang pelaksanaan belajar dari rumah pada masa pandemi COVID-19.
Bantuan kuota internet merupakan kuota umum yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi, kecuali yang diblokir oleh Kemenkominfo seperti Twitter, Instagram, Facebook, dan Tiktok. Daftar situs dan aplikasi yang dikecualikan dapat bertambah sewaktu-waktu.
Penyaluran kuota data internet dilakukan selama 3 (tiga) bulan mulai diberikan pada bulan Maret sampai dengan Mei 2021 sebesar 15GB/bulan disalurkan pada tanggal 11-15 setiap bulan dan berlaku selama 30 hari sejak diterima. Sisa kuota paket data internet yang tidak terpakai setiap bulannya akan hangus atau tidak bersifat kumulatif untuk bulan selanjutnya.
Mahasiswa yang menerima bantuan kuota pada bulan November-Desember 2020 dan nomornya aktif, akan otomatis menerima bantuan kuota pada bulan Maret 2021, kecuali yang total penggunaannya <1GB.
Bagi mahasiswa yang nomor ponsel-nya berubah atau yang belum menerima kuota sebelumnya, dapat  menerima bantuan kuota mulai bulan April 2021 dengan cara meng-update melalui https://sia.ut.ac.id paling lambat 31 Maret 2021.
Mahasiswa penerima bantuan kuota data internet harus memenuhi persyaratan 1) terdaftar di aplikasi PDDikti, 2) berstatus aktif dalam perkuliahan atau sedang menuntaskan gelar ganda (double degre), 3) memiliki nomor ponsel aktif. Informasi mengenai bantuan kuota data internet dapat diakses pada situs  web

6. Bantuan Alat Kerja Baitul Mal Aceh

Sasaran utama dari program tersebut adalah masyarakat miskin yang membutuhkan alat-alat kerja untuk menunjang usaha yang sedang digelutinya.

Sektor yang menjadi sasaran BMA, antara lain perdagangan, perikanan (kelautan/tambak darat), pertukangan, perbengkelan, industri rumah tangga, pertanian, dan jasa.

Pendaftaran dilakukan dengan mengisi formulir yang dapat dibuka melalui tautan bit.ly/alatkerjaBMA2021. Ada pun persyaratan untuk mendapatkan bantuan tersebut, di antaranya berdomisili di Banda Aceh atau Aceh Besar, berasal dari keluarga kurang mampu/berpenghasilan di bawah Rp2,5 juta per bulan, dan saat ini sedang menjalankan usaha atas nama pribadi INFO LANJUT WEBSITE

7. BANTUAN BIAYA PENDIDIKAN BAGI SANTRI SE-ACEH

KRITERIA SANTRI :

1. Ber-KTP dan KK Aceh

2. Diutamakan santri dari keluarga miskin/yatim/dhuafa

3. Santri aktif dan menetap di dayah/pesantren

4. Usia maksimal 20 Tahun (kelahiran tahun 2001)

5. Belum pernah menerima bantuan dari Baitul Mal Aceh

6. Santri Berasal dari Dayah/Pesantren Tipe A/A+ (Lihat Keputusan Gubernur Aceh tentang Penetapan Tipe Dayah/Pesantren di Lingkungan Dinas Pendidikan Dayah Aceh Tahun 2019) 

Sebelum mendaftar, pastikan Anda sudah mensubscribe dan follow sosmed Baitul Mal Aceh
YouTube: Baitul Mal Aceh
Facebook: Baitul Mal Aceh
Twitter: @baitulmalaceh
Instagram: baitulmalaceh

CARA PENDAFTARAN DAN PENGIRIMAN BERKAS :

Registrasi, Pendaftaran dan pengiriman berkas dilakukan secara online melalui link :  http://bit.ly/beasiswaSANTRI2021 Berkas administrasi yang akan diupload/unggah/dikirimkan harus dalam format PDF dengan kapasitas masing-masing file maksimal 1 MB. Dokumen/file yang dikirim harus terbaca dengan jelas dan terang.Pemohon harus melakukan registrasi dan me-upload/unggah berkas secara bersamaan. Permohonan akan ditolak apabila salah satu dari keduanya tidak dilakukan (registrasi dan upload file)Baitul Mal Aceh tidak menerima/memproses berkas fisik yang disampaikan ke kantor baik secara langsung maupun tidak langsung.

MASA PENDAFTARAN :

Registrasi Online            15 s/d 20 April 2021

Seleksi dan Verifikasi     21 s/d 26 April 2021

Pengumuman Mustahik   01 Mei 2021

* Jadwal Bersifat tentatif, dapat berubah sewaktu-waktu

SYARAT ADMINISTRASI :

1. Kartu Tanda Santri yang masih berlaku

2. Kartu Keluarga

3. KTP Orangtua/Wali

4. Buku Rekening Bank Aceh atas nama santri yang masih aktif (jika sudah ada)

DAFTAR DISINI : WEBSITE