Menu Khas Biota Laut Aceh Jaya

Menu Khas Biota Laut Aceh Jaya

Menu Khas Biota Laut Aceh Jaya
Menu Khas Biota Laut Aceh Jaya
Menu Khas Biota Laut Aceh Jaya

Kabupaten Aceh Jaya dikenal dengan keindahan panorama pantai dan pulau-pulau kecil yang menjulang diantara deburan ombak yang tentunya akan memanjakan mata bagi siapa pun yang melintas kawasan itu.

Kalau hanya panorama alam saja, pastinya belum lengkap jika tidak dibarengi dengan kuliner khas biota laut setempat yang akan disugukan untuk menggoyang lidah Anda.

Salah satunya adalah Warung Mie lobster Yahmuh. Tempat ini buka setiap hari dari pukul 08.00 WIB pagi sampai dini hari. Selain menawarkan lobster, Yahmuh juga menyediakan mie kepiting, udang galah, udang kipas, cumi, serta aneka jus.

Warung mie yang terletak di Jalan Banda Aceh-Meulaboh Km. 142 Gampong Rigaih Kecamatan Setia Bakti, Kabupaten Aceh Jaya itu juga menjadi tempat singgah pilihan bagi warga yang melintasi jalur Barat-Selatan Aceh.

“Tidak hanya orang Aceh, ada juga pengunjung dari Sumatera Utara yang datang khusus untuk makan mie lobster, malah tidak jarang turis luar negeri juga ada,” ujar lelaki berkulit sawo matang itu.

“Turis dari Korea juga pernah makan di sini. Mereka minta lobsternya cukup di rebus saja, kemudian dimakan dengan kecap atau sambal,” timpalnya.

Terkait bahan baku lobster, menurut Yahmuh, semua didatangkan dari nelayan lokal di sekitar Rigaih dan Calang. Semunya merupakan hasil tangkapan dan bukan dari budidaya.

“Saya tidak mengambil lobster dari kerambah, karena rasa dagingnya tidak seenak lobster yang hidup bebas di laut,” ungkapnya seraya meracik mie pesanan pelanggan yang sudah mengantri.

Untuk kisaran harga lobster, semua tergantung dari pasokan yang datang. Mulai dari Rp 150.000 hingga 300.000 per kilogram.

Bagi Anda yang ingin membeli lobster hidup untuk dibawa pulang pastinya tidak perlu khawatir, karena Yahmuh juga melayani pembelian lobster hidup. Pemesanan lobsternya juga sudah dikirim ke seluruh Aceh hingga Medan