Surga Tersembunyi di Gampong Panton Luas Sawang

Surga Tersembunyi di Gampong Panton Luas Sawang

Surga Tersembunyi di Gampong Panton Luas Sawang
Surga Tersembunyi di Gampong Panton Luas Sawang
Surga Tersembunyi di Gampong Panton Luas Sawang
Surga Tersembunyi di Gampong Panton Luas Sawang

ACEH SELATAN- Siapa yang tidak kenal dengan Aceh Selatan. Daerah satu ini memang gudangnya spot wisata yang sangat menarik. Banyak surga tersembunyi ada di kabupaten yang berpenghasilan pala ini. contohnya Desa Panton Luas, Kecamatan Sawang. Desa ini dikenal dengan hasil tambang emas dan logam mulia lainnya. Masyarakat setempat secara tradisonal menggali emas ratusan meter ke dalam tanah untuk mencapai tempat berkumpulnya emas. Ternyata di sini tidak hanya menyimpan kandungan emas, namun Panton Luas juga mempunyai tempat-tempat wisata yang tidak kalah menariknya dari daerah lain.

Bagi yang doyan masuk hutan ini tempatnya. Hutan lebat yang menantang untuk berkemah, penjelajahan hutan, penelusuran alur sungai, dan wisata alam rimba. Lengkap sudah, itu kata yang pas untuk menggambarkan spot terbaru yang ada di Gampong Panton Luas, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Selatan.

Spot favorit terbaru ini juga memacu adrenalin bagi pecinta wisata rimba yang ekstrim. Salah satunya adalah Ceuraceu Beurandang Alue Meutuah Habib Mustafa. Ceuraceu yang artinya dalam bahasa Indonesia adalah air terjun dan Beurandang adalah tempat penampungan yang luas.

Air terjun dan tempat jatuhnya air ini sangat luas dan sangat nyaman untuk mendinginkan tubuh para adventure yang menyukai suasana alam hutan raya. Untuk mencapai ke titik lokasi ini Anda hanya menghabiskan waktu selama 30 menit dengan berjalan kaki dari Desa Panton Luas. Jika Anda menggunakan sepeda motor maka butuh waktu selama 15 menit saja. Saat ini fasilitas jalannya belum begitu bagus. Anda tentunya harus sedikit berjuang untuk menuju lokasi tersebut. Lelah akan terbayar ketika Anda sudah menginjakkan kaki di air terjun yang ketinggian mencapai 20 meter tersebut.

Keucik Gampong Panton Luas, Syamsuir mengatakan, sarana jalan memang belum begitu bagus, butuh perhatian khusus untuk sarana satu ini dari pemerintah daerah, tentunya dari pihak dinas pariwisata untuk membuka akses yang lebih mudah bagi para pengunjung ke lokasi wisata air terjun Ceuraceu Beurandang Habib Mustafa.

“saat ini sudah banyak masyarakat lokal dan luar daerah yang mengunjungi lokasi wisata air Terjun Ceuraceu ini. Bayangkan jika jalan menuju lokasi wisata air terjun mudah dicapai maka akan menambah income bagi warga setempat dan tentunya masyarakat lokal mendapatkan keuntungan dari para wisatawan,” harap Kepala Kampung tersebut.

kawasan ini tergolong kawasan hutan tropis dataran rendah yang masih utuh dengan menawarkan panorama yang menyejukkan mata Anda. Bagi penikmat wisata rimba dan air terjun tentunya lokasi ini sangat menarik untuk dikunjungi. Hutannya yang masih asri membuat para pengunjung betah berlama-lama dikawasan wisata air terjun ini.

Pascakonflik Aceh, banyak spot wisata terbaru ditemukan dan layak dijadikan salahsatu destinasi wisata yang patut dan wajib dikunjungi. Objek yang menawarkan keindahan alam, kesejukan air tentunya menambah betah jika berada di lokasi ini. Jika Anda ingin menikmati alam secara utuh pastinya Anda mesti bermalam dan mendirikan tenda agar sempurna menikmati alam yang begitu memanjakan mata.

Anda tertarik menelusuri sungai dan menikmati alam yang masih perawan? Di Gampong Panton Luas Kecamatan Sawang ini salah satu spot wisata yang wajib Anda kunjungi.