Wisata Malam di Banda Aceh

Wisata Malam di Banda Aceh

Wisata Malam di Banda Aceh
Wisata Malam di Banda Aceh
Wisata Malam di Banda Aceh

Tak hanya indah di pagi dan siang hari, pemandangan kota-kota di Aceh juga indah di malam hari dihiasi dengan lampu jalanan menghias kota. Saat malam hari saatnya menjelajah wisata kuliner Banda Aceh yang makin nikmat jika disantap di malam hari. Berikut ini kuliner wisata malam Banda Aceh yang wajib dicicipi saat berkunjung ke Aceh.

Warung Kopi Aceh

Aceh terkenal dengan produksi kopinya yang berkualitas, jadi jangan lewatkan kesempatan mencicipi aneka hidangan kopi di warung kopi yang tersebar di berbagai pelosok Aceh, terutama pada saat malam hari. Kopi Aceh yang dibudidayakan ada jenis Robusta dan Arabica. Kopi Robusta yang terkenal itu ada kopi Ulee Kareng, sedangkan untuk kopi Arabikanya ada kopi Gayo. Lalu ada juga Bakopi yang biasanya digunakan untuk kopi tarik atau kopi terbalik atau kopi Khop. Kemudian ada kopi susu khas Aceh  yakni Sanger. Kapan lagi puas mencicipi aneka minuman kopi berkualitas tinggi dalam harga yang terjangkau, hal ini cuma bisa didapatkan di Aceh. Ada pula kopi weng yang unik karena cara pembuatannya yang di weng atau diterbangkan dengan saringannya yang mirip stocking. Bisa juga cicipi minuman bandrek dan teh tariknya. Harganya juga terjangkau yakni dalam kisaran 5 ribu Rupiah hingga 15 ribu Rupiah saja.

Masjid Baiturrahman Banda Aceh

Mesjid Raya Baiturrhman di malam hari (bandaacehkota.go.id)

Hiasan lampunya di malam hari membuat masjid Baiturrahman nampak indah. Jika berkunjung ke Aceh pada saat bulan Ramadhan akan dirasakan kemeriahan malam-malam Ramadhan di berbagai masjid yang ada di Aceh ini. Banyak juga gerai yang menjajakan aneka kuliner di sekitar masjid Baiturrahman, ada juga pasar batu cincin. Mie Aceh memang nikmat disantap saat malam hari, disajikan dalam keadaan hangat-hangat sehabis dimasak. Ada juga sate matang dengan kuah kari kambingnya yang mampu menghangatkan malam.

Menaiki Mobil Hias di Blang Padang

Mobil Hias di Blang Padang, Banda Aceh (aceh.tribunnews.com)

Saat malam hari meriah sekali mobil hias penuh kerlap-kerlip lampu di lapangan RTH (Ruang Terbuka Hijau) Blang Padang. mobil hias itu didatangkan khusus dari Yogyakarta, mirip dengan yang ada di alun-alun kidul Yogyakarta. Tarifnya untuk sekali naik adalah sekitar 20 ribu Rupiah.

Rex Peunayong, Pusat Kuliner Malam

Pusat Jajanan di Pusat Kota Banda Aceh, Rex Peunayong (kompasiana.com)

Pusat kuliner malam yang menjajakan aneka sajian kuliner yang cukup lengkap ada di Rex Peunayong, Kuta Alam, Banda Aceh. Aneka hidangan nusantara bisa ditemui disini, dengan harga yang terjangkau sekitar 3 ribu Rupiah hingga 30 ribu Rupiah.

Berburu Nasi Goreng Daus

Salah satu outlet penjual nasi goreng terkenal di Banda Aceh adalah warung nasi goreng Daus. Nasi goreng Daus ada tiga jenis, nasi goreng biasa, seafood dan kambing muda yang penyajiannya disertai dengan udang goreng yang besar-besar, dara goreng, ati ampela goreng, sotong, bistik dan es telernya yang nikmat.